Selasa, 27 November 2018

Cara Mudah Mencangkok Kelengkeng Di Dalam Polybag

Jual Plastik Polybag Harga Pabrik - Lim Corporation

Buah kelengkeng merupakan buah - buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara dengan nama ilmiahnya Dimocarpus longan. Buah - buah ini terutama dimakan dalam kondisi keadaan yang segar. Buah kelenggkeng , terutama yang berdaging tebal dan besar, dikalengkan dalam sari buahnya di negara Thailand, Taiwan dan Tiongkok, baik ditambah gula ataupun tidak. Kelengkeng juga dikeringkan, untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.

Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Seperti lerak, biji lengkeng yang mengandung saponin terkadang juga dimanfaatkan untuk mencuci rambut. Biji, buah, daun dan bunga kelengkeng juga dipakai untuk bahan obat tradisional, terutama dalam ramuan Tiongkok. Daunnya ini mengandung quercetin dan quercitrin. Kayu kelengkeng dan kayu bedaro merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi yang ringan dalam rumah dan bahan perkakas.

Baca Juga :
Menanam kekelengkeng di polybag tentu berbeda caranya dibandingkan dengan menanamnya di atas tanah halaman atau kebun. Butuh trik tersendiri untuk menanam didalam polybag supaya tanaman tumbuh subur, meskipun media tanam dan haranya sangat terbatas.

Buah kelengkeng sangat disukai sekali oleh banyak orang sebab rasanya yang manis dan juga mempunyai aroma tertentu yang membuat semakin nikmat rasanya. Daging buah kelengkeng ada yang tebal ada juga ada yang tipis alias lebih besar bijinya.  Pohon kelengkeng tergolong tak terlalu tinggi namun mempunyai daun yang lebat. Buah dari tanaman ini umumnya berada diujung ranting.

Tanaman kelengkeng yang cocok untuk tabulampot, menurut buku ini merupakan jenis pohon kelengkeng dataran rendah.  Jenis kelengkeng dataran rendah merupakan diamond river, pingpong, kristal, itoh, aroma duren, dan puang rai. Pemilihan bibit untuk tabulampot baiknya dipilih dan dikembang biakkan secara vegetatif seperti cangkok, okulasi dan sambung, dengan tujuan supaya tanaman lebih cepat berbuah.


Tahapan - tahapan menanam kelengkeng didalam polybag
1. Pertama siapkan plastik polybag, pastikan ada beberapa lubang dibagian bawahnya
2. Kemudian letakkan kepingan genting atau bata merah setebal 5 cm di dasar polybag. Tujuannya supaya bisa mengalirkan air siraman
3. Lalu, masukkan campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir atau sekam mentah dengan perbandingan 1 : 2 : 1 hingga ketinggian setengah polybag.
4. Masukkan bibit pohon kelengkeng tepat ditengah - tengah polybag, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot.
5. Siram dengan air hingga air keluar dari dasar polybag. Kemudian, letakkan tanaman kelengkeng di tempat yang ternaungi atau teduh selama beberapa waktu.

Setelah tanaman kelengkeng dipindahkan dalam polybag, langkah selanjutnya yaitu perawatan harian yang meliputi penyiraman, pemupukkan, pencahayaan, atau pemangkasan. Selain itu penggantian media tanam juga perlu untuk dikerjakan setiap setahun satu kali, hal ini bertujuan supaya tanaman kelengkeng tetap produkif sebab mendapatkan nutrisi dari media tanam yang baru.  Penggantian media tanam tak seluruhnya, akan tetapi disisakan media tanam yang sebelumnya untuk ditambah dengan media tanam yang baru - baru.

Memangkas
Saat tajuk pertama muncul, disarankan untuk dipangkas supaya buah yang dihasilkan dapat rindang alias tidak tinggi

Menyiram
Cara menyiram harus benar, sebab volume media tanamnya tak banyak. Jadi, dua hari sekali harus disiram hingga airnya keluar meluber dari pot bagian bawah.

Pupuk
Selalu pakailah pupuk kandang, supaya hasilnya lebih baik dan pohon tumbuh subur. Untuk tabulampot, setiap 3 bulan sekali ambil separuh tanah yang akan dijadikan media tanamnya, Kemudian masukkan pupuk kandang ke dalam polybag dan tutup lagi dengan sedikit tanah. Siram dengan air hingga tanah benar - benar basah. Cara ini akan membuat daun muda cepat sekali tumbuh, sehingga cepat berbunga. Pupuk kimia seperti NPK boleh dipakai, namun cukup sedikit saja, sebulan sekali. Pemakaian potasium klorat yang dikenal sebagai bahan peledak juga dapar digunakan untuk merangsang pertumbuhan bunga, walaupun kelengkeng sebetulnya tetap dapat berbuah tanpa harus dirangsang. Pemakaian pupuk kimia justru membuat tanah jadi keras.

Perontokan
Umumnya, kelengkeng pada pembuahan pertama dagingnya kurang tebal. Ketebalan daging baru dapat dilihat setelah kelengkeng 2 - 3 kali berbuah. Supaya mendapatkan buah yang maksimal, rontokkan bunga yang pertama kali muncul. Sehingga, cabang akan bertambah dan bunga akan makin banyak pula. Jika bunga kedua sudah muncul namun cabang belum ada, bunga bisa kembali dirontokkan.

Ganti Media
Masa produktif tabulampot kelengkeng adalah usia 3 – 10 tahun. Supaya tetap produktif selama masa itu, setidaknya setahun sekali ganti media tanamnya supaya tidak keras, atau diberikan pupuk kandang.

Cangkok
Tabulampot yang sudah tinggi dan besar dapat dicangkok untuk dijadikan beberapa tanaman baru. Sehingga cabang yang tumbuh tidak akan besar, sebab bagian atasnya sudah dipangkas dan pohonnya menjadi rimbun.

Jual Plastik Polybag Awet Dan Kuat
Info selengkapnya mengenai harga Polybag klik DISINI

Untuk Anda yang sedang membutuhkan Polybag murah untuk bercocok tanam atau untuk yang lainnya, silahkan hubungi kami melalui SMS/Call/WA pada hari dan jam kerja (Minggu dan Hari Besar TUTUP)

Customer Service:Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

CATATAN :
- Harga netto (belum ternasuk PPN)
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman (ekspedisi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar