Senin, 10 Desember 2018

Cara Sukses Budidaya Jeruk Nipis Dalam Polybag

Jual Plastik Polybag Kuat Dan Awet - Lim Corporation

Tanaman jeruk nipis merupakan tanaman yang tergolong dalam buah - buahan. Tanaman ini juga dikenal sebagai jeruk pecel dan tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Berbagai macam - macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi tanaman ini. Salah satunya yaitu membantu melancarkan pencernaan, kandungan flavonoidnya bisa merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam.Vitamin C yang tinggi, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu hanya dengan menghirup aromanya saja, bisa membantu mengurangi gangguan pernafasan dan mual. Tingginya serat larut dianggap bisa mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang menjadi risiko serius untuk pasien diabetes. Bila anda berminat untuk berbudidaya jeruk nipis dalam plastik polybag anda bisa melihat ulasan dibawah ini mengenai cara membudidayakan jeruk nipis dalam plastik polybag.

Baca Juga :
Cara membudidayakan jeruk nipis dalam plastik polybag :

Pembibitan jeruk nipis
Bibit jeruk nipis dapat diperbanyak secara cangkok ataupun okulasi. Kedua cara tersebut merupakan metode yang paling sering diterapkan masyarakat Indonesia. Syarat bibit yang baik untuk budidaya jeruk nipis yaitu, bebas dari penyakit, sifatnya mirip dengan induk, diameter batang sekitar 2 - 3 cm, permukaan batang halus, mempunyai akar serabut banyak. Bibit dapat dipindahkan pada polybag setelah umur 2 bulan.
Penanaman jeruk nipis
Media tanam yang dipakai untuk penanaman, media campuran tanah : sekam : kompos atau serbuk gergaji = 2 : 1 : 1. Setiap 10 liter media tanamnya dicampur dengan 40 gr pupuk NPK 15 : 15 : 15, ditambah dengan 5 gram dolomit dan 1 gram nutrisi buah. Media baru siap untuk digunakan setelah satu bulan pembuatan. Pindahkan bibit yang sudah berumur 2 bulan pada polybag yang telah dilubangi untuk aerasi, dengan diameter 40 – 50 cm, kedalamannya 60 cm. Letakkan bibit jeruk nipis tepat pada bagian tengah pot yang telah diisi media tanam. Bibit diberikan pupuk organik cair dengan dosis 5 ml. Aplikasikan dengan cara dikocor di sekitar batang tanaman. Namun, sebelum anda melakukan pindah tanam, hal yang perlu anda perhatikan yaitu melakukan pengurangan akar, daun, dan cabang yang berlebihan dan pengaturan posisi akar supaya tidak ada yang terlilit dengan akar lain.

Pemeliharaan jeruk nipis
Pemeliharaan budidaya tabulampot dikerjakan dengan cara penyulaman tanaman yang tidak tumbuh atau mati. Lakukan penyiangan dengan cara membersihkan rumput - rumput pengganggu. Penyiraman cukup dikerjakan satu kali sehari, tergantung kondisi tanah dalam polybag. Bila tanah sudah cukup lembab, tak perlu anda melakukan penyiraman lagi. Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan cara menyemprot pestisida nabati.

Pemupukan dikerjakan setiap 2 - 3 bulan sekali pada media tanam. Selain pemupukan media tanam, ada juga pupuk organik cair yang disemprotkan pada area daun. Dosisnya 2 cc/liter air setiap 2 minggu sekali. Untuk merangsang pertumbuhan bunga, dapat dilakukan dengan cara pemberian zat perangsang tumbuh dengan dosis 2 cc/liter air setiap 2 minggu sekali. Diterapkan saat tanaman memasuki masa - masa produksi. Pemeliharaan lain dapat dilakukan dengan cara melakukan pemangkasan secara rutin, untuk membentuk tajuk pohon. Dikerjakan saat tinggi tanaman sekitar 2 meter, hal ini diharapkan akan menumbuhkan tunas - tunas baru, peliharanya 3 - 4 tunas yang akan menjadi tajuk pohon. Semakin banyak cabang, maka semakin banyak pula pertumbuhan daun, bunga, dan buah.

Ayo bergabung di Fanpage kami "Pertanian & Perkebunan" agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Pemanenan jeruk nipis
Buah yang kaya vitamin C ini dapat dipanen pada saat matang optimal, umumnya berumur 28 - 36 minggu. Sekitar 7 - 8 bulan setelah berbunga. Jeruk nipis dapat dipetik secara sederhana memakai gunting. Setiap pohon rata - rata dapat menghasilkan 300 hingga 400 buah per tahunnya. Sekian artikel tentang budidaya jeruk nipis dalam plastik polybag semoga bermanfaat dikemudian hari.

Jual Plastik Polybag Awet Dan Kuat
Info selengkapnya mengenai harga Polybag klik DISINI

Untuk Anda yang sedang membutuhkan Polybag murah untuk bercocok tanam atau untuk yang lainnya, silahkan hubungi kami melalui SMS/Call/WA pada hari dan jam kerja ( Minggu dan Hari Besar TUTUP )

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 ( Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB )
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

CATATAN :
- Harga netto ( belum ternasuk PPN )
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman ( ekspedisi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar