Jumat, 28 Desember 2018

Cara Membudidayakan Tanaman Di Lahan Terbatas | Polybag

Jual Plastik Polybag Best Quality - Lim Corporation

Pekarangan rumah merupakan sebidang tanah darat yang terletak langsung di sekitar rumah tinggal dan jelas batas - batasnya, sebab letaknya di sekitar rumah anda, maka pekarangan merupakan lahan yang mudah diusahakan oleh seluruh anggota - anggota keluarga dengan memanfaatkan waktu luang yang ada. Pemanfaatan pekarangan yang baik bisa mendatangkan berbagai manfaat antara lain:

1. Sebagai sumber pangan, sandang, dan papan penghuni rumah
2. Sumber plasma nutfah dan beragam jenis biologi,
3. Lingkungan hidup bagi berbagai jenis - jenis satwa,
4. Pengendalian iklim sekitar rumah dan tempat untuk kenyamanan
5. Penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen,
6. Sebagai tempat resapan air hujan dan air limbah keluarga ke dalam tanah,
7. Melindungi bagian tanah dari kerusakan erosi

Baca Juga :
Oleh karena itu bila anda memiliki perkarangan rumah dan tidak dipakai sebaiknya anda memanfaatkan untuk dijadikan tempat membudidayakan tanaman yang bermanfaat sehari - hari, seperti bawang merah , bawang putih, dan lain - lain. Bila anda berkeinginan untuk membudidayakan tanaman di perkarangan rumah anda, berikut ini kami akan menjelaskan cara menanam bawang merah dalam polybag.

Bawang merah adalah sejenis tumbuhan yang menjadi bumbu - bumbu masakan di dunia, bawang merah ini berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan di daerah sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub - tropis atau tropis. Umbi bawang merah dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, dan obat tradisional. Kulit umbinya juga dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat digunakan untuk campuran sayur.




Bawang merah biasanya digunakan untuk penyedap makanan dan merupakan bumbu dapur yang utama didalam berbagai masakan. Jika diiris tipis dan digoreng umbi ini menjadi taburan untuk penyedap masakan soto, sup, bakso, dan berbagai makanan lainnya. rasa yang gurih, wangi aromanya, serta teksturnya yang crunchy membuat setiap orang menyukainya. Tidak hanya itu, ternyata bawang merah juga memiliki khasiat untuk kesehatan sebagai obat maag, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula didalam darah, obat kencing manis, memperlancar pernafasan, dan lain - lain sebagainnya.

Banyak segudang manfaatnya saat anda mengkonsumsi komoditas ini dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Sayangnya tidak didukung oleh produksi yang memadai. Jumlah produksi dalam negeri juga belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan akan bawang merah. Apalagi serangan hama dan penyakit membuat kuantitas dan kualitas umbi ini menjadi sangat sedikit. Harga per kilogram pun akhirnya menjadi menjulang sangat tinggi. Seluruh hal tersebut menunjukkan bahwa prospek bisnis bawang merah masih terbuka sangat luas di negara Indonesia ini. Jika anda berminat untuk membudidayakan bawang merah anda bisa membaca ulasan dibawah ini mengenai cara budidaya bawang merah didalam polybag, khususnya untuk anda yang tertarik menjadi petani bawang merah.

Menanam bawang merah didalam polybag mempunyai beberapa keuntungan berikut ini :

1. Pengawasan terhadap tanaman bawang merah terhadap serangan penyakit atau hama serta kekurangan unsur hara akan lebih mudah untuk dikontrol. Tentunya hal ini bisa menjamin maksimalnya produksi umbi bawang merah dengan kualitas yang baik.
2. Mudah untuk menambahkan nutrien yang dibutuhkan dengan takaran per polybag, tentunya nutrien pun akan tepat pada sasarannya.
3. Polybag yang berisi bawang merah bisa disusun di rak - rak bertingkat. Lahan yang tak terlalu luas pun dapat menampung target kuantitas bawang merah yang ingin anda tanam.
4. Setiap polybag yang berisi tanaman bawang merah dapat dipindahkan sewaktu - waktu.
5. Anda dapat menggunakan berbagai macam komposisi media tanam sesuai dengan kebutuhan.
6. Harga plastik polybag juga lebih murah dibandingkan dengan memakai pot.
7. Pengadaan polybag lebih mudah sebab berbagai toko pertanian menjual polybag.



Langkah - langkah menanam bawang merah dalam polybag :

Langkah pertama yaitu menyiapkan media tanam 
Media tanam yang dibutuhkankan tanaman bawang merah yaitu tanah yang gembur, pupuk kandang, dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Jangan lupa tambahkan juga pupuk SP - 36 sebanyak 3 gram ditambah 1 sendok kecil furadan per polybag, setelah itu campur dengan rata. Lalu masukkan kedalam polybag, siram air, kemudian biarkan terlebih dulu selama dua hari. Ukuran polybag yang digunakan yaitu 30 x 40 cm.

Menanam dan memupuk
Setiap plastik polybag ditanami 3 umbi bawang merah dengan jarak 5 cm per umbinya. Umbi bawang merah ditanam hingga bagian lehernya. Setelah itu umbi didalam polybag tersebut perlu untuk diberikan pupuk memakai pupuk NPK ( 16 - 16 - 16 ) sebanyak 1 gram per polybagnya. Kemudian siramkan pupuk seminggu dalam sekali hingga bawang merah berumur 6 minggu.

Memelihara dengan cara disiram
Tanaman bawang merah sangat membutuhkan air yang cukup, tidak kurang namun juga tidak terlalu banyak. Terlalu banyak air dapat membuat umbi bawang merah anda menjadi busuk. Anda perlu menyiraminya satu hingga dua kali sehari pada saat musim kemarau. Namun setelah usianya 2 bulan, penyiraman tidak perlu dilakukan terlalu sering supaya umbi bawang segera tua dan berisi.

Memanen bawang merah
Bila daun bawang merah anda telah berwarna menguning, leher batangnya telah kosong, dan umbi telah muncul ke permukaan tanah berwarna kemerahan itu tandanya tanaman bawang merah anda sudah siap untuk dipanen. Umumnya bawang merah yang dijual harus dipanen usia 3 bulan, sementara bawang merah yang ingin anda jadikan bibit dipanen diusia 100 hari. Sebelum bawang merah dijual dipasaran tanaman bawang merah sebaiknya dijemur hingga kering terlebih dulu untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

Jual Plastik Polybag Awet Dan Kuat
Info selengkapnya mengenai harga Polybag klik DISINI

Untuk Anda yang sedang membutuhkan Polybag murah untuk bercocok tanam atau untuk yang lainnya, silahkan hubungi kami melalui SMS/Call/WA pada hari dan jam kerja ( Minggu dan Hari Besar TUTUP )

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 ( Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB )
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp: Admin 1 / Admin 2 / Admin 3

CATATAN :
- Harga netto ( belum ternasuk PPN )
- Harga tidak mengikat dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Harga franco Surabaya, belum termasuk biaya pengiriman ( ekspedisi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar