Selasa, 13 November 2018

Tips Sukses Membudidayakan Bawang Merah Dengan Polybag

Jual Plastik Polybag Harga Pabrik - Lim Corporation

Bawang merah umumnya dipakai untuk penyedap makanan bumbu dapur utama, bersama bawang putih, dalam berbagai masakan. Bila diiris tipis dan digoreng umbi ini menjadi taburan untuk penyedap soto, sup, bakso dan berbagai makanan lainnya. rasa gurih, wangi aromanya, serta teksturnya yang crunchy membuat setiap orang menyukainya. Tidak hanya itu, ternyata bawang merah pun mempunyai khasiat untuk kesehatan sebagai obat maag, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan kadar gula didalam darah, obat kencing manis, memperlancar pernafasan, dan lain - lain.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, silahkan klik DISINI

Segudang manfaatnya saat mengkonsumsi komoditas ini dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang signifikan. Sayangnya tak didukung oleh produksi yang memadai. Jumlah produksi dalam negeri belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan akan bawang merah. Ditambah lagi serangan hama dan penyakit membuat kuantitas umbi ini menjadi sangat sedikit. Harga per kilogram pun akhirnya menjulang sangat tinggi.

Seluruh hal tersebut menunjukkan bahwa prospek bisnis bawang merah masih terbuka dengan sangat luas di negara Indonesia ini. Berikut merupakan cara budidaya bawang merah didalam polybag untuk Anda yang tertarik menjadi petani bawang merah.

Baca Juga :


Menanam bawang merah dalam polybag mempunyai beberapa keuntungan :

- Pengawasan terhadap bawang merah terhadap serangan penyakit atau hama serta kekurangan unsur hara akan lebih mudah. Tentunya hal ini bisa menjamin maksimalnya produksi umbi bawang merah dengan kualitas baik.
- Mudah juga menambahkan nutrien yang dibutuhkan dengan takaran per polybag, tentunya nutrien pun akan tepat pada sasaran.
- Polybag berisi bawang merah bisa disusun di rak bertingkat. Lahan yang tak terlalu luas pun bisa menampung target kuantitas bawang merah yang ingin anda tanam.
- Setiap polybag berisi tanaman bawang merah dan bisa dipindahkan sewaktu - waktu.
- Anda bisa memakai berbagai macam dan komposisi media tanam sesuai dengan kebutuhan.
- Harga polybag lebih murah dibandingkan dengan memakai pot.
- Pengadaan polybag mudah sebab berbagai toko pertanian jual polybag.

Langkah - langkah menanam bawang merah

Menyiapkan media tanam
Media tanam yang dibutuhkankan bawang merah yaitu tanah yang gembur, pupuk kandang atau kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Tambahkan juga pupuk SP-36 sebanyak 3 gram ditambah 1 sendok kecil furadan per polybag, kemudian campur dengan rata. Masukkan kedalam polybag, siram air, kemudian biarkan terlebih dahulu selama dua hari. Ukuran polybag yang dipakai yaitu 30 x 40 cm.

Menanam dan memupuk
Setiap polybag ditanami 3 umbi bawang merah dengan jarak 5 cm per umbinya. Umbi ditanam hingga bagian lehernya. Setelah itu umbi - umbi dalam polybag tersebut perlu untuk diberikan pupuk memakai pupuk NPK (16-16-16) sebanyak 1 gram per polybagnya. Siramkan pupuk seminggu dalam sekali hingga bawang berumur 6 minggu.

Memelihara dengan cara disiram
Bawang merah sangat membutuhkan air yang cukup, tak kurang namun juga tak terlalu banyak. Terlalu banyak air bisa membuat umbi bawang merah Anda menjadi busuk. Anda perlu menyiraminya satu hingga dua kali sehari pada musim kemarau. Namun setelah usianya 2 bulan, penyiraman tak perlu untuk dilakukan terlalu sering agar umbi bawang segera tua dan berisi.

Memanen
Bila daun tanaman bawang merah anda telah menguning, leher batangnya telah kosong, dan umbi telah muncul ke permukaan tanah berwarna kemerahan itu tandanya bawang merah anda sudah siap untuk dipanen. Umumnya bawang merah untuk dijual, harus dipanen si usia 3 bulan, sementara bawang merah yang ingin anda jadikan bibit kembali baiknya dipanen diusia 100 hari.  Sebelum bawang merah dijual bawang merah sebaiknya dijemur hingga kering terlebih dahulu untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

Jual  Plastik Polybag Daerah Sidoarjo
Info selengkapnya mengenai harga Polybag silakan klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan ingin memesan Polybag untuk budidaya tanaman dan sayuran atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui CALL/SMS pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP.
Customer service :
Telp : 031-8830487 ( Jam Kerja 08.00 – 16.00 WIB )
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email : limcorporation2009@gmail.com
WA : Admin 1 / Admin 2 / Admin 3
Catatan :
– harga netto (non PPN)
– harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
– harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar